Sabtu, 07 Mei 2011

ORANG YANG MAKAN RIBA


الباب السادس فى بيان عقوبة اكل الربا

Bermula bab yang keenam pada menyatakan orang yang memakan riba.
قال الله تعالى يآايها الذين امنو الاتأ كلوا الربا
Telah berfirman Allah ta'ala Hai sekalian mereka itu yang percaya akan Allah ta'ala jangan sekali-kali kamu memakan akan riba.
Dan telah bersabda Nabi saw pada malam mi'raj aku dengar suara diatas seperti guruh berbunyi tiba-tiba menilik aku kepadanya maka kau lihat beberapa laki-laki perutnya besar seperti rumah dan didalamnya beberapa ular dan kela maka kataku kepada Jibril siapa itu ya Jibril? maka sembahnya merekalah orang yang memakan riba.
Dan telah bersabda Nabi saw barangsiapa memakan satu dirham daripada riba maka sanya serasa-rasa zina dnegan ibunya di masjidil haram.
Dan telah bersabda Nabi saw telah dilaknatkan atas orang memakan riba dan yang diberimakannya pun demikian jua. Dan yang menyuruh dia pun demikian lagi disiksa dan orang yang meninggalkan zakat demikian juga.
Dan telah bersabda Nabi saw lagi akan didhahirkan pada akhir zaman empat perkara:
- pertama, orang mengambil riba,
- kedua orang yang berzina,
- ketiga, orang yang memberikan perkataan dusta,
- keempat, ornag yang menambah atau mengurangi sukatan dan timbangan maka apabila dhahirlah demikian itu maka diturunkan Allah ta'ala bala atas mereka itu yang amat panas.
وقال الله تعال يوما يقوم الناس لرب العالمين
Dan telah berfirman Allah ta'ala pada hari itu maka berdiri segala manusia bagi tuhan seru sekalian alam melainkan orang yang makan riba bahwasanya mereka itu berdiri ia dan duduk ia seperti kelakuan orang gila.
Dan telah bersabda Nabi saw barangsiapa memakan riba maka dipenuhkan Allah ta'ala hatinya dengan api neraka dan senantiasalah yang empunya riba itu dalam murka Allah ta'ala selama ada padanya suatu qirath pun.
Dan telah bersabda Nabi saw bermula jual emas dengan emas dan perak dengan perak itu sama timbangan karena bahwasanya riba itu mengilangkan kebajikan dan barangsiapa puasa maka buka ia dengan harta riba itu tiada diterima puasanya dan barangsiapa sembahyang padahal didalam perutnya harta riba tiada diterima Allah ta'ala sekali-kali sembayangnya. Dan barangsiapa memberi shadaqah harta riba tiada diterima sekali-kali shadaqahnya karena Allah ta'ala terlalu murkanya kepadanya.
Dan telah bersabda Nabi saw bahwasanya Hai sekalian manusia takut olehmu akan Tuhanmu dan lima perkara tiada kaum yang mengurangi sukatan melainkan diturunkan Allah ta'ala bala atas mereka itu mahal harga makanan dan kurang seala buah-buahan dan tiada kaum yang mengubahkan akan janji itu melainkan dibinasakan Allah ta'ala atas mereka itu dengan seteru mereka itu. dan jikalau tiada ada binatang didalam negeri niscaya tiada diturunkan oleh Allah ta'ala hujan satu titik jua adanya.

Tidak ada komentar: