Senin, 25 April 2011

FADHILAT ADZAN

Bermula pada menyatakan fadhilat adzan.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من أذن سبع سنين محتسبا كتب الله له براءة من النار
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa bang (adzan) ia tujuh tahun dengan karena Allah subhanahu wata'ala niscaya ditulis oleh Allah subhanahu wata'ala baginya kelepasan dari pada api neraka.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من أذن سنة وجبت له الجنة ومن أذن بخمس صلوات ايمانا واحتسابا غفر الله له ما تقدم من ذنبه
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa bang ia setahun niscaya wajiblah baginya syurga dan barangsiapa bang ia lima sembahyang dengan percaya ia akan Allah subhanahu wata'ala dan dengan karena Allah subhanahu wata'ala niscaya diampuni Allah subhanahu wata'ala barang yang telah lalu daripada dosanya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم ثلاثة بعد هم القبر من عذاب الله الشهيد والمؤذن والمتوفى يوم الجمعة اوليلة الجمعة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiga perkara dipeliharakan oleh Allah subhanahu wata'ala akan mereka itu daripada siksa kubur, satu yang mati syahid, kedua orang yang bang dan ketiga orang yang mati pada hari jum'at atau pada malam jum'at.

قال النبى صلى الله عليه وسلم لويعلم الناس مافى النداء والقيام فى الصف الاول ثم لم يجدوا الا ان يستهمو عليه لا سنهموا ولو يعلمون مافى التجهيز لا ستبقوا اليه ولو يعلمون مافى العتمة والصبح لايو هما ولو حبوا
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam jikalau diketahui oleh manusia akan pahala pada berdiri pada shaf yang pertama kemudian maka tiada beroleh mereka itu melainkan bahwasanya berbuang undi niscaya berbuang undilah mereka itu akan pahala pada memerintahkan mayat niscaya berlama-lamalah mereka itu padanya dan jikalau mengetahui mereka itu pahala pada sembahyang isya dan sembahyang subuh niscaya mendatangi mereka itu akan keduanya dan jikalau ada ia merangkak-rangkak sekalipun.

قال النبى صلى الله عليه وسلم اذا كان عند الاذان فتحت أيواب السهاء واستحيت الدعوات واذا كان عند الاقامة لم ترد دعوته
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila ada seorang tatkala bang niscaya dibukakan pintu langit dan diperkenankan do'anya dan apabila ada tatkala iqamat niscaya tiada ditolak do'anya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من قال عند استماع الاذان مرحبا بالقائلين عدلا ومرحبا بالصلاة وأهلا كتب الله له ألف ألف درجة الله عنه الف الف سيئة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa mengucap ia tatkala mendengar orang bang akan do'a ini niscaya dituliskan oleh Allah subhanahu wata'ala baginya sejuta kebajikan dan ditinggikan oleh Allah subhanahu wata'ala baginya sejuta derajat dan dihapuskan oleh Allah subhanahu wata'ala daripadanya sejuta kejahatan.

قال النبى صلى الله عليه وسلم اشتر وا الاذان بالذهب والغضة واجذروا من الامامة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beli olehmu akan bang dengan emas dan perak takut olehmu daripada jadi imam.

قال النبى صلى الله عليه وسلم أذن وان منعوك ولا تؤم وان منحوك
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bang olehmu dan jika dilarang akan dikau sekalipun dan jangan engkau jadi imam dan jika diupah orang akan dikau sekalipun.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من سمع الاذان ولم يقل مثل ماقال المؤذن فانه تثقل على لسانه كلمة الشهادة عند النزع ومن سمع الاقامة ولم يقل مثل ماقال المقيم فانه يمنو من السجد يوم القيامة اذا سجد المؤمن
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa mendengar akan bang padahal tiada mengatakan dia seperti barang dikata oleh orang yang bang bahwasanya ia diberikan Allah subhanahu wata'ala atas lidahnya kalimah syahadat tatkala hampir mati dan barangsiapa mendengar ia akan iqamat padahal tiada dia mengatakan seperti barang yang dikata oleh orang yang iqamat maka bahwasanya ia ditegahkan oleh Allah subhanahu wata'ala daripada sujud pada hari kiamat apabila sujud orang mukmin.

قال النبى صلى الله عليه وسلم ثلاثة نحت ظل العرش يوم لاظل عرشه امام عادل ومؤمن حافط وقارىء القرآن كل يوم مائة آية
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiga orang dibawah 'arasy pada hari tiada naungan lain melainkan naungan 'arasy jua, satu raja yang adil dan kedua orang yang bang yang memeliharakan dan tiga orang yang membaca Al-Qur'an pada tiap-tiap hari seratus ayat.

Wallahu a'lamu bishshawaab

Tidak ada komentar: