Senin, 25 April 2011

FADHILAT BERSUGI

Bermula pada menyatakan fadhilat bersugi.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الصلاة بالتخليل والسواك خيرمن سبعين صلاة من غير التخليل والسواك
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula sembahyang dengan menyongkel gigi dan bersugi itu terlebih daripada tujuh puluh sembahyang dengan tiada menyongkel gigi dan tiada bersugi.

قال النبى صلى الله عليه وسلم تسو كو فان السواك مطيبة للفم ومرضاة الله تعالى
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersugilah kamu maka bahwasanya bersugi itu membaikkan bau mulut dan keridhaan Allah subhanahu wata'alaa.

قال النبى صلى الله عليه وسلم ركعتائن الله عليه وسلم ركعتان بالسواك افضل من سبعين ركعة بغير السواك
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula dua rakaat sembahyang dengan bersugi terlebih baik daripada tujuh puluh rakaat dengan tiada bersugi.

قال النبى صلى الله عليه وسلم سنة من سنن المرسلين الحلم والحياء والحجامة والسواك والتعطر وكثرة الاز واج
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula enam perkara daripada sunnah segala nabi yang mursal suatu pengasih dan kedua malu dan ketiga berbekam dan keempat bersugi dan kelima memakai bau-bauan dan keenam berbanyak isteri.

قال النبى صلى الله عليه وسلم ثلاثه أسياء واخبة على كل مسلم يوم الجمعة الغسل والسواك ومس الطيب
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiga perkara sunnat mu'akkadah wajib atas tiap-tiap muslim pada hari jum'at mandi dan bersiwak dan berpakai bau-bauan.

قال النبى صلى الله عليه وسلم رحم الله المخللين من أمتى فى الوضوء والطعام
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah dikasihi oleh Allah subhanahu wata'alaa akan segala orang yang menyongkel gigi daripada umatku pada mengambil air sembahyang dan kemudian makan makanan.

قال النبى صلى الله عليه وسلم طيبوا أفواهكم بالسواك فانهثا طرق القرآن
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam baiki oleh kamu bau mulut kamu dengan bersugi maka bahwasanya mulut kamu itu jalan Al-Qur'an.

قال النبى صلى الله عليه وسلم لا تخللو بالآس والرمان والقصب فانها تورث الآكلة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam jangan kamu menyongkel gigi dengan kayu aas dan kayu delima dan kayu buluh, karena bahwasanya ia mempusakai berulat gigi.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الصلاة بالسواك أفضل من خمس وسبعين صلاة بغير سواك
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula sembahyang dengan bersugi itu terlebih daripada tujuh puluh lima sembahyang dengan tiada bersugi.

قال النبى صلى الله عليه وسلم مازال جبرائيل صلاةالله عليه وسلامه يوصينى بالسواك حتى خشيت الذى على اضراسى
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sentiasa Jibrail shalatullah 'alaih dan selamanya berpesan akan daku dengan bersugi hingga aku takutlah akan menyakiti atas gusiku.

Wallahu a'lamu bishshawaab

Tidak ada komentar: