Jumat, 29 April 2011

FADHILAT TAWADHU'

Bermula pada menyatakan fadhilat tawadhu'.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من تواضع لله رفعه الله ومن تكبر وضعه الله
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa merendahkan diri dengan karena Allah niscaya ditinggikan Allah swt akan dia dan barangsiapa takabbur ia niscaya direndahkan Allah swt akan dia.

قال النبى صلى الله عليه وسلم مامن أدمى الا وفى رأسه سلستان سلسلة الى السماء السابعة فاذا تواضع رفعه الله الى السماء واذا تكبر وضعه الله الى الارض السافلة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiada jua daripada anak adam melainkan ada pada kepalanya dua rantai, satu rantai kepada langit yang ketujuh dan satu rantai kepada bumi yang ketujuh maka apabila merendahkan dirinya niscaya ditinggikan Allah swt kepada langit yang ketujuh dan apabila takabbur ia niscaya direndahkan Allah swt kepada bumi yang dibawah.

قال النبى صلى الله عليه وسلم اذا رأيتم المتو اضعين فتو ضعوا لهم واذا رأينم المتكبربن فتكبرو اعليهم
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila kamu lihat akan segala orang yang merendahkan diri maka rendahkan olehmu akan diri kamu bagi mereka itu dan apabila kamu lihat akan segala orang yang takabbur maka takabburlah kamu atas mereka itu.

قال النبى صلى الله عليه وسلم توضعوا مع المتواضعين فان التواضع مع المتواضعين فان البواضع مع المتو اضعين صدقة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam rendahkan diri kamu serta segala orang yang merendahkan diri maka bahwasanya merendahkan diri serta segala orang yang merendahkan diri itu shadaqah.

قال النبى صلى الله عليه وسلم نبه على النسيان فان التنبسه على النسيان صدقة
Artinya: Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam diberi ingatkan olehmu atas orang yang lupa maka bahwasanya mengingatkan atas orang yang lupa itu shadaqah.

قال النبى صلى الله عليه وسلم رأس التواضع ان نبدأ بالسلام على من لقيته من المسلمين وان ترضى بالدون من المجلس
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula kepada merendah diri itu bahwasanya engkau mulia dengan memberi salam atas barangsiapa yang bertemu akan dia daripada orang Islam dan bahwa engkau ridha dengan kurang pada tempat kedudukannya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الكرامة فى التقوى ةالغنى فى اليقين واشرف فى التواضع
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula karamah itu pada orang takut akan Allah swt dan kaya itu pada orang yang yakin pada Allah swt dan kemuliaan itu pada orang yang merendahkan diri.

قال النبى صلى الله عليه وسلم التواضع من مصايد الشرف
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula orang yang merendah diri itu mengantarkan pada kemuliaan.

قال النبى صلى الله عليه وسلم كل نعمة محسود عليها الا التواضع
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula tiap-tiap nikmat itu didengki orang atasnya melainkan merendahkan diri.

قال النبى صلى الله عليه وسلم التواضع من أخلاق الانبياء ةالتكبر من أخلاق الكفار ةالفرا عنة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula merendahkan diri itu daripada perangai segala anbiya (nabi) dan takabbur itu daripada perangai segala kafir dan fir'aun.

Wallahu a'lamu bishsawaab

Tidak ada komentar: