Senin, 25 April 2011

FADHILAT BERJAMA'AH

Bermula pada menyatakan fadhilat berjama'ah.

قال النبى صلى الله عليه وسلم فضل صلى الله عليه وسلم فضل صلاة الجماعة على صلاة أحدكم خمسة وعشرون جزأ
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula kelebihan sembahyang berjama'ah atas sembahyang seorang kamu itu dua puluh lima balasan.

قال النبى صلى الله عليه وسلم صلاة الرجل فى جماعة تز يد على الصلاة الواحدة مائة وعشرين صلاة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula sembahyang laki-laki pada jama'ah itu bertambah-tambah pahalanya atas sembahyang seorang dirinya seratus duapuluh sembahyang.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من صلى بجماعة صلاة الصح ثم جلس يذكر الله تعالى حتى تطلع الشمس كان له ستر من النار
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa sembahyang ia dengan berjama'ah pada sembahyang subuh kemudian maka duduk ia seta zikrullah ta'ala hingga terbit matahari niscaya adalah baginya tertutup daripada api neraka.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من أدرك الجماعه أربعين يوما كتب الله له براءة من النار وبراءة من النفاق
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa mendapati ia akan berjama'ah empat puluh hari niscaya dituliskan Allah subhanahu wata'ala baginya lepas daripada neraka dan lepas daripada nifaq.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من شهد الجماعة كتب الله له بكل خطوة ذاهباورا جعاعشر حسنات ومحامخسه عشر سيئات ورفع له عشر درجات
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa hadir ia dengan sembahyang berjama'ah niscaya dituliskan Allah subhanahu wata'ala dengan tiap-tiap langkah perginya dan kembalinya sepuluh kebajikan dan dihapuskan Allah subhanahu wata'ala daripadanya sepuluh kejahatan dan ditinggikan Allah subhanahu wata'ala baginya sepuluh derajat.

قال النبى صلى الله عليه وسلم سألت جبرائيل مالى وما لامتى فى الجماعة فقال جبرائيل يا محمد من صلى من أمتك ركعتين جماعة كتب الله تعالى له بكل ركعة واحد يث مسطور
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam aku tanya akan Jibrail apa suatu bagi aku dan bagi umatku pada sembahyang berjama'ah maka kata Jibrail hai Muhammad barangsiapa sembahyang daripada imam dua rakaat hal keadaan berjama'ah niscaya dituliskan Allah subhanahu wata'ala dengannya tiap-tiap satu raka'at seratus sembahyang. Bermula hadits ini setengahnya dituliskan pada kitab lain.

قال النبى صلى الله عليه وسلم أيمارجل صلى صلاة جماعة كان على الصراط كالبرق اللامع
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangmana seorang yang sembahyang ia dengan sembahyang berjama'ah niscaya adalah ia atas titi (jembatan) shirathal mustaqim seperti kilat yang berkilat.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الجماعة خير من الدنيا ومافيها
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula sembahyang berjama'ah itu terlebih baik daripada dunia dan barang didalamnya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم لاصلاة لجار المسجد الافى المسجد
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiada sah sembahyang bagi orang sekampung masjid melainkan didalam masjid.

قال النبى صلى الله عليه وسلم تراك الصلاة يمشى فى الارض والارض تلعنه
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula yang meninggalkan berjama'ah itu berjalan ia diatas bumi dan bumi itu mengutuk akan dia.

قال النبى صلى الله عليه وسلم قارك الصلاة اذارفع لقمة تقول اللقمة عليك اعنتى ياعدو الله كيف تأكل رزق الله ولا تؤدى فرض الله
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula yang meninggalkan sembahyang itu apabila meninggalkan ia akan makanan niscaya berkata makanan itu atasmu jua kukutuki hai seteru Allah, betapa betapa engkau makan akan rezeki Allah dan padahal engkau tiada memberi yang difardukan Allah subhanahu wata'ala.

Wallahu a'lamu bishshawaab

Tidak ada komentar: