Jumat, 29 April 2011

MENGINGAT-INGAT MATI

Bermula pada menyatakan tentang mengingat-ingat mati.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الموت جسر يوصل الحبيب الى الحبيب
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula maut itu suatu titi yang menyampaikan ia akan kekasih kepada kekasih.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الموت اربعة موت العلما موموت الفقراء موت الامراء وموت الاغنياء موت العلماء ثلمة وموت الامراء فقرا مراحة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula mati itu empat perkara, satu mati segala ulama, dan kedua mati segala orang papa dan ketiga mati segala raja-raja dan keempat mati segala orang kaya. Bermula mati segala ulama itu sambung agama dan mati segala raja-raja itu fitnah dan mati orang kaya itu rugi dan mati orang papa itu sentausa.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الاان اولياء الله لا يمويون فانما ينتقاون من دار الى دار
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiadakah kau ketahui segala waliyullah itu tiada mati mereka itu maka hanyasanya berpindah mereka itu daripada satu negeri kepada satu negeri.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الموت راحة المؤمنين
Artinya: Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mati itu sentosa bagi mukmin.

قال النبى صلى الله عليه وسلم موت العلماء ثلمة فى الدين
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula mati segala ulama itu sambung pada agama.

قال النبى صلى الله عليه وسلم اذا مات ابن آدم انقطع عمله الامن ثلاث صدفة جاربة أوعلم ينتفع به أوولد صالح يدعوله
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila mati seorang anak adam niscaya putuslah amalan melainkan daripada tiga perkara, satu shadaqah jariah dan kedua ilmu yang bermanfaat dengan dia dan ketiga anak yang shaleh yang meminta do'a baginya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم أكثروا ذكر هاذم الذات قيل يار سول الله وما هاذم اللذات قال الموت
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam perbanyak olehmu mengingat-ingat yang memutus lezat, ditanyai orang ya Rasulullah saw apa yang memutus lezat itu, berkata ia(Rasulullah yaitu) mati.

قال النبى صلى الله عليه وسلم كن فى الدنيا كأنك غريب اوعا برسبيل وعد نغسك من اصحاب القبور
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam jadikan dirimu dalam dunia ini seolah-olah orang dagang atau seolah-olah orang melayari jalan dan bilangkan (hitung) darimu daripada orang isi kubur.

قال النبى صلى الله عليه وسلم اذا مات العالم بكت السموات والارض ةسكانهما
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila mati seorang yang alim niscaya menangis tujuh petala langit dan tujuh petala bumi dan segala isi keduanya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من لم يخزن على موت عالم فهو منافق
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa tiada duka cita ia atas mati orang alim maka ialah munafik.

Wallahu a'lamu bishshawaab

Tidak ada komentar: