Jumat, 29 April 2011

HAK IBU BAPAK ATAS ANAK

Bermula pada menyatakan hak ibu bapak atas anak.

قال النبى صلى الله عليه وسلم قل للابن البار اعمل ماشتت فلن بدخل النار أبدا
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam katakan olehmu bagi anak yang berbuat baik akan ibu bapaknya kerjakan olehmu akan barang yang engkau kehendaki maka tiadalah engkau masuk neraka selama-lamanya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم قل للابن العاق اعمل ماشتت فلن تدخل الجنة أبدا
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam katakan olehmu bagi anak yang durhaka akan ibu bapaknya kerjakan olehmu akan barang yang engkau kehendaki maka tiada engkau masuk syurga selama-lamanya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم رضا الرب من رضا الو الدين وسخط الله فى سخط الوالدين
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula keridhaan Allah swt yang keridhaan oleh ibu bapaknya dan marah Allah swt pada yang dimarah oleh keduanya.

قال النبى صلى الله عليه وسلم بروا آباء كم حتى يبركم أبناءكم
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berbuat baik olehmu akan bapak kamu hingga berbuat baik akan kamu oleh sekalian anak kamu.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من أصبح وله أبوان راضيان أوأحد هما فتحت عليه أبواب الجنه ومن أصبح وله أبوان ساخطان فتحت عليه أبواب النيران
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa berpagi-pagi dan baginya dua ibu bapaknya yang berbuat yang digemari ibu bapaknya atau salah satu daripada keduanya niscaya dibukakan atasnya beberapa pintu syurga dan bermula berpagi-pagi dan baginya dua ibu bapaknya yang berbuat ia yang dimarahi oleh ibu bapaknya niscaya dibukakan atasnya beberapa pintu daripada neraka.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من آذى والديه أوأحد هماد خل النار
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa menyakiti ia akan ibu bapaknya niscaya masuk ia akan neraka.

قال النبى صلى الله عليه وسلم قل للا بن البار اعمل ماشتت فان الله يغقر لك وقل للابن العاق اعمل ماشتت فان الله لا يغفرلك
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam katakan olehmu bagi anak yang berbuat baik bagi dua ibu bapaknya kerjakan olehmu akan barang engkau kehendaki maka bahwasanya Allah swt menghimpunkan ia akan daku dan katakan olehmu bagi anak yang durhaka ia bagi ibu bapaknya berbuat olehmu barang engkau kehendaki makasanya Allah swt tiada menghimpun ia akan daku.

قال النبى صلى الله عليه وسلم الابن البار لا يدخل الجنة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula anak yang berbuat baik akan ibu bapaknya tiada masuk neraka ia dan anak yang durhaka bagi ibu bapaknya tiada masuk syurga ia.

Wallahu a'lamu bishshawaab

Tidak ada komentar: