Senin, 25 April 2011

FADHILAT ILMU DAN ULAMA


الكتاب اللباب
بسم الله الرمن الرحيم
وبه نستعين الحد لله رب العالمين والعلاة واليلام على رسول الله سيدنا محمد وآله وصحبه أجمعين
Dan dengan dia jua aku minta tolong, bermula segala puji pujian bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Dan rahmat Allah dan salam Allah atas pesuruh-Nya yaitu penghulu kita Muhammad dan atas keluarganya dan sahabatnya sekaliannya.
أما بهد فان أضعف عباد الله وأصغر خلقه أصلحه الله تعالى اردت ان أجمع كتابا من الا حادث النبو ية والاخبار المروية باسناد صحيح ورواية ثقية وطرحت الاسا نيد ايسهل حفظه ووضعت اريعين بابا وفى كل باب عشرة أحاديث
Adapun kemudian dari itu maka bahwasanya yang amat dhaif yang amat kecil dari pada segala makhluk-Nya telah diperbaiki Allah ta'ala akan dia lagi akan berkata ia bahwasanya aku kehendaki bahwa aku himpunkan suatu kitab dari pada segala hadits Nabi dari daripada segala khabar yang diceritakan Nabi dengan isnad yang shahih dan ceritera yang kepercayaan dan aku hubungkan segala isnad supaya mudah menghafal akan dia dan akau hantar dalamnya empat puluh bab dan pada tiap-tiap bab itu sepuluh hadits.
وشعيتة كتاب اللباب والله الموقق على اتمام هذا الكتاب
Dan aku namai akan dia Al-Kitabul Bab dan kepada Allah juga kau minta tolong atas mutahamkan ini kitab.



KEUTAMAAN ILMU DAN ULAMA

Kumpulan hadits shahih perihal kelebihan ilmu dan ulama:

قال النبى صلى الله عليه وسلم لا بن مسعود وضى الله عنه ياا بن مسعود جاوسك فى حلقة العلم ولا ممس قلما ولا نكتب حرفا خيرلك من اعتاق الفىر قبة رنظرك الى وجه العالم خير اك من اعطاء ألف فرس فى سبيل الله وسلا مك على العالم خير لك من عيادة ألف سنة

Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bagi Ibnu Mas'ud r.a : "Hai Ibnu Mas'ud bermula duduk pada lingkar orang menuntut ilmu padahal tiada engkau menjabat qalam (pena) dan tiada engkau menyurat (menulis) suatu hurufpun terlebih baik bagimu daripada memerdekakan seribu hamba sahaya dan kamu melihat kepada muka orang yang 'alim itu terlebih baik bagimu daripada memberi seribu ekor kuda dari pada perang sabilillah dan memberi salam engkau atas orang yang 'alim itu terlebih baik bagimu dari pada berbuat ibadah seribu tahun.

قال النبى صلى الله عليه وسلم وسلم علم واحد أشد على الشيطان من ألفد عابد وألف ورع
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula seorang yang 'alim itu terlebih keras atas syaithan dari pada seribu orang yang 'abid dan dari pada seribu orang yang wara'.


قال النبى صلى الله عليه وسلم فضلى العالم على العابد كفضلى على أمتى
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula kelebihan orang 'alim atas orang yang 'abid (beribadah) seperti kelebihan aku atas umatku.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من انتقل ليتعلم علما غفر الله قبل أن يخطو خطوة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa berjalan ia karena hendak menuntut ilmu niscaya diampuni oleh Allah subhanahu wata'ala baginya sebelum ia melangkah dengan suatu langkah.

قال النبى صلى الله عليه وسلم كر موا العلماء فانهم عند الله كرماء
Artinya :
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam permuliakan oleh kamu akan segala ulama maka bahwasanya mereka itu pada Allah subhanahu wata'ala amat mulia.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من نظر الى وجه العالم ففرح به خلق الله تعلى بتلك الظرة ملكا يستغفرله الى يوم القيامة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa menilik (melihat/menatap) ia kepada muka orang yang 'alim maka suka ia dengan dia (orang yang 'alim) niscaya dijadikan Allah subhanahu wata'ala dengan demikian tilik itu seorang malaikat meminta ampun baginya datang kepada hari kiamat.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من أكرم عالما فكأنما اكرمنى ومن اكرم الله تعلى ومن اكرم الله فأواه الجنة ومن ابغض عالما فقد ابغضنى ومن ابغضنى فقدا بغض الله تعلى ومن ابغض الله تعلى فمأواه النار
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa memuliakan orang yang alim maka bahwasanya suruh ia memulia akan daku maka barangsiapa memuliakan akan daku bahwasanya ia memuliakan akan Allah subhanahu wata'ala dan barangsiapa memuliakan akan Allah subhanahu wata'ala maka tempatnya itu surga dan barangsiapa membenci ia akan orang yang alim maka bahwasanya benci ia akan daku maka barangsiapa benci akan daku maka bahwasanya ia benci akan Allah subhanahu wata'ala dan barang siapa benci ia akan Allah subhanahu wata'ala maka tempatnya itu neraka.

قال النبى صلى الله عليه وسلم نوم العالم أفضل من عبادة الجاهل
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bermula tidur orang yang 'alim itu amat lebih pahalanya daripada ibadah orang yang jahil.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من تعلم بابامن العلم وعمل به أولم بعمل به كان أقضل من أن يعلى ألف ركعة تطوعا
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa belajar ia akan suatu bab daripada ilmu padahal diamalkan akan dia itu tiada diamalkan akan dia niscaya adalah pahalanya amat lebih daripada sembahyang sunat seribu rakaat.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من تعلم بابا من العلم ليعلم الناس يكون على نواب سبعين صديقا وفى حديث أبى ذر حضور مجلس عالم أفضل من صلاة ألف ركعة وعيادة ألف مريض وشهو دألف قتيل فيل ومن قراءة القرآن فقال وهل ينفع القرآن الا بالعلم
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa belajar ia akan satu bab dari pada ilmu karena hendak mengajarkan ia akan segala manusia niscaya adalah ia atas pahalanya tujuh puluh orang yang benar yakni waliullah dan pada hadits Abu Dzar bermula hadir sebentar duduk pada orang yang 'alim terlebih pahalanya dari pada sembahyang seribu raka'at dan dari pada mengunjungi seribu orang sakit dan dari pada kunjungan seribu orang mati syahid pada perang sabilillah dan dianiaya orang dan dari pada mengajarkan Al-Qur'an maka berkata ia tiada memberi manfaat Al-Qur'an itu melainkan dengan ilmu.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من زار عالما فكأ نماز ارنى ومن صافح عالما فكأنما صلفنى ومن جالس عالما فكأ نما جالسنى ومن جالسنى فى الدنيا أجلسه الله معةفى الجنة
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa mengunjungi orang alim maka bahwasanya atas mengunjungi ia akan daku dan barangsiapa berjabat tangan dengan orang yang 'alim maka bahwasanya serasa-rasa ia berjabat tangan akan daku dan barangsiapa suka duduk dengan orang yang 'alim maka bahwasanya serasa-rasa ia suka duduk akan dengan aku di dalam dunia niscaya didudukkan Allah subhanahu wata'ala akan daku (sebagai) syarat engkau (tinggal) di dalam syurga.

قال النبى صلى الله عليه وسلم من علمك حرفا فهو مولاك
Artinya:
Telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam barangsiapa diajarkan akan dikau satu huruf juapun maka itulah penghulunya.

Wallahu a'lamu bishshawaab

Tidak ada komentar: